Selamat Datang di website Balai Penyuluhan Pertanian Kapanewon Nanggulan Kabupaten Kulon Progo, D.I. Yogyakarta.....................

Kamis, 21 Juli 2016

Buah Mengeras

Buah Mengeras
Gejala penyakit
Sebagian atau seluruh bagian buah mengeras. Jika dibuka, daging buah lengket dengan kulit dan sebagian daging buah sudah busuk.  Biasanya, buah akan jatuh sebelum matang.
Patogen
Penyakit ini disebabkan oleh cendawan: Rhizopus sp., Botryodiplodia sp., dan Pestalotia flogisetulla (Mohamad Reza, 2000).
a.  Rhizopus sp.
  • Cendawan ini hidup sebagai saprofit atau patogen luka, sehingga invasi terjadi melalui luka-luka. Di tempat penyimpanan buah setelah panen, cendawan dengan cepat membusukkan buah dan segera menularkan ke buah lain. Luka karena serangga yang terjadi setelah pemetikan dapat meningkatkan pembusukan (Dwi Astuti, 1985). Lalat buah Drosophila sp. diduga membantu pemencaran cendawan ini (Setyobudi dan Dwi Astuti, 1985).
b.  Botryodiplodia sp.
  • Cendawan membentuk piknidium. Konidiumnya berbentuk jorong, bersel 1(satu), dan hialin pada waktu muda; tetapi kemudian setelah dewasa konidium itu bersel 2 dan berwarna gelap.
  • Penyinaran matahari secara penuh dan mendadak pada pangkal cabang atau batang, akibat  pemangkasan yang terlalu berat, dapat mendorong perkembangan penyakit. Pemetikan buah pada keadaan cuaca lembap dan adanya pelukaan dapat mendorong terjadinya infeksi pada buah yang dipanen.
c.  Pestalotia sp.
  • Pestalotia sp. memiliki konidium berbentuk kumparan, tiga sel tengah yang berdinding tebal dan berwarna kecoklatan, dan sel ujung berwarna hialin dengan tiga ekor (seta).
Tanaman inang lain
  • Rhizopus sp.: juga menyerang pepaya.
  • Botryodiplodia sp.: juga menyerang nenas, nangka, teh, jeruk, kopi, akar tuba, kelapa sawit, lengkeng, karet, ubi jalar, leci, kweni, ubi kayu, pisang, rambutan, alpokat, jambu biji, kakao kemiri, dan jagung.
Pengendalian
Cara kultur teknis
  • Sanitasi kebun, dengan membersihkan rerumputan/ gulma, daun dan ranting di areal pertanaman manggis yang dapat menjadi sumber inokulum.
Cara mekanis
  • Pengambilan buah manggis terserang/sakit lalu membakarnya atau dibenam dalam tanah.
Cara kimiawi
  • Penyemprotan dengan fungisida yang efektif dan  terdaftar sejak buah masih pentil sampai tiga minggu sebelum panen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar